raqilaza

Busana Muslim yaaa di RAQILAZA....

Tuesday, March 5, 2013

5 Fenomena Lubang Menganga Di Seluruh Dunia

Pada Jumat (1/3/2013) lalu, seorang pria di Florida, Amerika Serikat (AS) menghilang setelah terjatuh di dalam lubang menganga alias sinkhole yang tiba-tiba muncul di rumahnya. Fenomena sinkhole ini ternyata memang sudah biasa terjadi di Florida. Namun terjadi juga di beberapa bagian lain di dunia.

Sinkhole, menurut Florida Sinkhole Research Institute seperti dilansir CNN, Selasa (5/3/2013), banyak sinkhole terbentuk karena air hujan yang asam melarutkan batu kapur atau sejenisnya di bawah tanah.

Nah, batu kapur yang dilarutkan hujan asam itu membuat rongga yang besar dan bisa meruntuhkan tanah di atasnya karena tak mampu lagi menyangga berat tanah permukaan. Akibatnya, lapangan terbuka, jalan dan rumah bisa berlubang tiba-tiba.

Ternyata, sinkhole menjadi fenomena yang umum di Florida. Kawasan ini disebut Sinkhole Alley. Struktur batuan bawah tanah Florida adalah batuan kapur. Menurut data Komite Senat Florida bidang Perbankan dan Asuransi, tahun 2006-2010 ada 24.671 klaim asuransi kerusakan karena sinkhole yang berarti rata-rata 17 klaim per hari.

Berikut fenomena alam sinkhole dari berbagai belahan dunia seperti dikutip dari CNN dan berbagai sumber:
  
1. The Great Blue Hole di Belize
The Great Blue Hole adalah fenomena alam sinkhole lepas pantai, 70 km dari Kota Belize, yang terletak di kawasan Kepulauan Karibia, Amerika tengah. Fenomena alam ini terkenal karena Jacques-Yves Cousteau, yang pada tahun 1971 berlayar dengan kapalnya The Calypso, mendeklarasikan kawasan ini adalah 10 terbaik lokasi penyelaman.

Kemudian ilmuwan yang mengeksplorasi mengkonfirmasi bahwa formasi batuan di bawah lubang itu adalah batuan karst atau kapur. Kini kedalaman Great Blue Hole, menurut pengukuran Cambrian Foundation pada 1997, adalah 125 meter.

Hebatnya, semakin menyelam ke dalam, semakin bening airnya sehingga bisa melihat formasi batu kapur dan stalaktit. Kini The Great Blue Hole menjadi tujuan para penyelam dunia dan masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia di bawah UNESCO.


2. Sinkhole di Guatemala
Kemunculan lubang raksasa di Guatemala pada Juni 2010 lalu membuat heboh Kota Guatemala. Lubang itu muncul di tengah kota, menelan satu gedung berlantai tiga dan satu rumah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Badai tropis Agatha menjadi penyebab sinkhole itu. Lubang serupa pernah muncul tiba-tiba di daerah tersebut pada tahun 2009 lalu.

Kemudian pada Juli 2011, keluarga di kota yang sama mendengar ledakan di dapur mereka. Ternyata ada sinkhole berdiameter 1 meter dengan kedalaman 40 kaki atau 12 meter.


3. Sinkhole di Laut Mati
Sinkhole juga bisa terbentuk di atas Laut Mati yang mengering. Hal ini terjadi di laut yang kandungan garamnya sangat tinggi itu pada 2011.







4. Sinkhole di China
Rupanya pekerjaan konstruksi bawah tanah juga bisa menyebabkan sinkhole. Hal ini terjadi di China.

Pertama di Beijing, pada April 2011 lalu. Sinkhole ini terjadi di jalanan Beijing dan dikatakan penyebabnya karena pengerjaan jalur kereta bawah tanah.

Kemudian di Guangzhou, pada Januari 2013 lalu. Lubang ambles yang luasnya 1.000 meter persegi dengan diameter 30 meter ini ini terjadi dekat situs konstruksi kereta bawah tanah. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini.


5. Sinkhole di Amerika Serikat (AS)
AS, utamanya di negara bagian Florida, tercatat sering mengalami fenomena sinkhole karena struktur batuan kapur di bawah tanahnya. Pada awal Maret 2013 saja, sudah ada 2 fenomena sinkhole yang salah satunya memakan korban jiwa, karena lubang itu muncul tepat di bawah tempat tidurnya saat sedang tidur.

Pada Juni 2002 di Orlando, ada sinkhole seluas 42 meter persegi dengan kedalaman 18 meter yang menelan pepohonan, jaringan utilitas pipa. Kemudian pada Desember di tahun yang sama, jalan aspal yang di bawahnya terdapat jaringan air bersih anjlok di Ocean Park Boulevard, Santa Monica, California. Pada Desember 2010, sinkhole yang merusak jaringan air juga pernah terjadi di kawasan Chevy Chase Maryland.

Lubang ambles yang sama juga pernah terjadi di kawasan jalanan sibuk downtown Los Angeles sedalam 9 meter. Seorang pemotor yang sedang berkendara terjeblos lubang itu namun berhasil diselamatkan.

Kejadian yang sama juga terjadi di LA pada 2009, membuat mobil pemadam kebakaran tiba-tiba terperosok tanah karena sinkhole ini.

Selain itu fenomena sinkhole juga sering terjadi di Texas, Alabama, Missouri, Kentucky, Tennessee and Pennsylvania, demikian menurut U.S. Geological Survey (USGS).


(Sumber http://news.detik.com/read/2013/03/05/140228/2186145/10/6/5-fenomena-lubang-menganga-di-seluruh-dunia991104topnews#bigpic)




No comments:

Post a Comment