raqilaza

Busana Muslim yaaa di RAQILAZA....

Saturday, June 9, 2012

5 Energi Alternatif



Semakin hari, persediaan bahan bakar di muka bumi semakin menipis. Sementara itu, manusia terus bertambah sehingga kebutuhan energi justru semakin meningkat dengan adanya perkembangan teknologi. Oleh sebab itu, diperlukan sumber energi lain untuk mengganti bahan bakar yang memang merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui.
Berbagai penelitian pun dilakukan untuk mendapatkan sumber energi alternatif. Untungnya, ternyata di sekitar kita terdapat macam-macam energi alternatif yang dapat dimanfaatkan sebagai pengganti energi minyak yang tentunya tidak merusak lingkungan. Selain sebagai penghasil energi alternatif, alternatif yang ada hendaknya lebih baik dari bahan bakar sebelumnya. Macam-macam energi alternatif itu di antaranya sebagai berikut. 

1. Air


Air mempunyai kekuatan luar biasa besar. Air yang mengalir, bahkan, dapat menghancurkan bangunan yang kuat ketika terjadi banjir bandang atau tsunami. Karena kekuatannya inilah, manusia memanfaatkannya sebagai sumber energi alternatif. Salah satunya, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Prosesnya yaitu menampung air sungai yang berarus deras ke dalam sebuah waduk. Lalu, dialirkan melalui pintu pengambil air. Pengaturannya dilakukan di pusat pengendalian bendungan atau waduk tersebut. Saat pintu bendungan dibuka, air akan mengalir sangat deras melalui terowongan air sehingga mampu memutar turbin yang dapat menggerakkan generator untuk menghasilkan listrik.

2. Matahari


Matahari dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif. Dalam hal ini, dimanfaatkan untuk pertanian dengan memindahkan karbon dioksida di atmosfer, heliokultur. Energi matahari diubah menjadi energi listrik dengan mempergunakan sel surya atau dikenal dengan sebutan sel fotovoltaik. Contoh penggunaannya untuk menghidupkan kalkulator, pemanas air, mobil bertenaga surya atau kompor bertenaga surya.

3. Gelombang Permukaan Laut

Pemanfaatanya yaitu menjadikan energi ombak sebagai pembangkit tenaga listrik. Hal ini didukung dengan didirikannya sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO) di Yogyakarta. Prosesnya dengan memanfaatkan gerakan turun naik atau bergulung-gulungnya ombak menjadi energi yang digunakan untuk menggerakkan turbin untuk membangkitkan listrik.

4. Angin


Perpindahan udara atau disebut angin ini dapat menghasilkan gerakan yang mengandung energi kinetik. Energi inilah yang dipergunakan untuk menggerakkan kincir atau turbin. Hal ini karena angin, pada dasarnya, memiliki kekuatan yang besar sehingga bisa dimanfaatkan untuk sumber energi alternatif. Terutama, angin yang terdapat di tengah lautan. Oleh karena itu, dibuatlah area penangkapan angin mengapung di tengah lautan. Angin yang berada di tengah lautan memiliki kecepatan lebih tinggi dibanding angin darat. Kecepatannya bisa mencapai dua kali lipat angin daratan. Area penangkapan angin ini penempatannya sedalam 40 meter. Keuntungannya tidak ada hambatan karena tidak adanya halangan untuk menangkap angin tersebut, seperti halangan bukit, bangunan, dan pepohonan.

5. Biogas


Biogas dihasilkan dari kotoran hewan yang diproses lebih lanjut untuk menjadi gas metana yang dapat dipergunakan sebagai sumber energi alternatif ramah lingkungan. Metana sebagai energi alternatif diperoleh dari sampah organik dan sistem saluran limbah. Prosesnya mempergunakan bakteri tertentu atau dekomposer yang dapat memecah biomassa lingkungan dalam kondisi pernapasan anaerob bakteri tersebut.

(Sumber http://rumahenergi.com/about)

No comments:

Post a Comment