raqilaza

Busana Muslim yaaa di RAQILAZA....

Tuesday, June 26, 2012

Nutrisi & Stimulasi Bantu Anak Tumbuh Aktif



TIAP orangtua tentu menginginkan yang terbaik untuk pertumbuhan buah hatinya. Salah satu hal yang dapat dilakukan dengan pemenuhan nutrisi dan stimulasi yang tepat agar tumbuh kembang buah hati menjadi maksimal.

Anak merupakan anugerah yang perlu Anda jaga dan rawat dengan penuh kasih sayang. Setiap fase tumbuh kembangnya juga menentukan bagaimana dia akan tumbuh besar kelak. Banyak faktor yang berpengaruh dalam fase ini, di antaranya genetik, pengasuhan, serta nutrisi yang tepat.

Usia balita (di bawah lima tahun) dipandang sebagai usia yang penting karena saat itulah pertumbuhan dan perkembangan terjadi dengan pesat. “Pada usia ini ada beberapa tanda dari anak-anak di mana mereka biasanya tumbuh aktif. Untuk itu, fase ini perlu menjadi perhatian orangtua,” tutur dr. R. Anna Tjandrajani Sp.A dalam acara konferensi pers peluncuran Dancow Nutri TAT di Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu, 17 Juni 2012.

Mendukung fase aktif anak balita, sambung dr Anna, orangtua perlu memerhatikan tiga hal,  yakni tumbuh, aktif, dan tanggap (TAT). Tumbuh berarti pertumbuhan pada tubuh, pematangan organ, dan lingkar kepala. Aktif berarti kemampuan motorik, bicara, sosial, dan kognitifnya. Sementara tanggap merupakan kemampuan anak dalam memecahkan sebuah masalah.

Selain tiga langkah TAT, memberikan stimulasi yang tepat juga menjadi langkah penting, terutama saat anak berusia di bawah tiga tahun. Menurut penelitian meta-analisis yang dilakukan Engle pada 2007, rata-rata IQ anak yang distimulasi sejak dini lebih tinggi dibanding yang distimulasi saat usianya di atas tiga tahun. Karena itu, peran orangtua sangat penting dalam memberi stimulasi pada anak.

“Memberi stimulasi pada anak dapat dilakukan dengan bercerita dan bermain peran,” kata psikolog Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si.

Meski demikian, peran stimulasi yang diberikan orangtua tetap perlu ditunjang dengan pemenuhan nutrisi anak yang baik. Anna menyarankan, sebaiknya sejak dini anak-anak sudah mulai dapat diperkenalkan dengan makanan dan minuman yang memiliki nutrisi yang diperlukan bagi tubuhnya. Salah satu nutrisi yang tepat diberikan pada anak ialah susu.

Sayangnya, tingkat konsumsi susu di Indonesia masih kalah jauh dibandingkan negara-negara lain. Padahal, susu merupakan sumber zat gizi yang dapat memperkuat tulang dan gigi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu tumbuh tinggi badan secara optimal. Karenanya, orangtua perlu secara aktif mengenalkan minuman bernutrisi tersebut sejak dini agar kegemaran minum susu menjadi bagian dari keseharian anak-anak.

Sebagai pilihan untuk memenuhi pertumbuhan anak-anak Anda, sebaiknya mereka mengonsumsi susu dengan kandungan mikronutrien dan makronutrien yang tepat sesuai dengan kebutuhannya. Sebagai inovasi terbaru, Dancow dengan rangkaian Nutri TAT, yakni nutrisi yang diformulasikan untuk membantu mengoptimalkan Tumbuh-Aktif-Tanggap untuk anak usia satu tahun ke atas dapat menjadi pilihan. Dengan segala manfaat susu ditambah dengan makronutrien, mikronutrien, prebiotik, inulin, serta minyak ikan, LA, ALA kolin, dan taurin di dalamnya dapat secara efektif membantu tumbuh kembang anak Anda. 

(Sumber http://health.okezone.com/read/2012/06/18/483/649019/nutrisi-stimulasi-bantu-anak-tumbuh-aktif by gita ramadian)

No comments:

Post a Comment