raqilaza

Busana Muslim yaaa di RAQILAZA....

Saturday, April 14, 2012

5 Tempat Parkir Teknologi Canggih

Ini dia 5 tempat parkir otomatis yang menggunakan teknologi canggih atau sering disebut robotic car parks:

1. The amazing VW Autostadt


Sebelum dipasarkan, biasanya mobil-mobil baru akan disimpan di garasi pabrik. Seperti mobil keluaran perusahaan Jerman ini yaitu Volkswagen, menempatkan produknya di garasi futuristik bernama Autostadt yang berlokasi di kota Wolfsburg, Jerman.
Autostadt merupakan dua bangunan yang memiliki tinggi sekitar 200 kaki, berdinding kaca tembus pandang, sehingga isi dalam bangunan bisa dilihat dari luar. Bangunan tersebut penuh dengan mobil-mobil baru  Volkswagen, serta menjadi pusat pengadaan pengiriman kendaraannya.
Bangunan ini tidak hanya membuat takjub masyarakat di Jerman. Namun juga para pelaku sinema Hollywood. Seperti, Sutradara film Mission Impossible ‘Ghost Protocol’, Brad Bird. Bird memasukkan satu adegan dalam filmnya yang diperankan oleh Tom Cruise untuk melompat di bangunan garasi yang terinspirasi dari bangunan Autostadt, seperti  yang terlansir dari BelleNews.com.
Ruangan dalam bangunan adalah untuk penyimpanan kendaraan baru. Diatur oleh lengan robotik yang dapat melakukan rotasi dan menempatkan kendaraan pada posisinya dengan sangat rapi. Autostadt memiliki 20 tingkat, dimana setiap tingkat tersimpan 400 produk mobil baru Volkswagen. Selain megah, bangunan ini juga dilengkapi dengan restoran Michelin bintang tiga dengan pintu kaca terbesar dan terpanjang di dunia. Pintu kaca ini berukuran empat mil.

2.  Cardok, secret room car elevator



Bertujuan untuk memberikan fasilitas khusus serta perlindungan untuk koleksi mobil-mobil eksostis yang bernilai miliaran juta rupiah. Adapun sistem kerja garasi (parkir) tersembunyi ini menggunakan hidrolik, yang menggali sebuah lubang besar untuk menampung mobil. Secara otomatis, garasi akan terbuka dan mobil terangkat dari bawah tanah.

Selain mampu menampung mobil, sistem lift pada garasi ini juga dapat mengumpulkan air hujan untuk diserap ke bawah tanah tanpa merusak mobil. Semua itu dimungkinkan karena adanya sistem saluran ke selokan juga dirancang khusus.

Pembuatan garasi ini memakan biaya sekitar US$70.000 atau sekitar Rp632 juta. Untuk tipe Cardok Mono mampu menampung satu mobil dengan banderol US$61.000 atau sekitar Rp551 juta. Untuk lebih dari satu mobil menggunakan Multi Cardok, dengan harga US$72.000 atau sekitar Rp650 juta. Garasi ini dapat menahan beban hingga 10 ton atau 10.000 kg.


3. Carsafe by Westfalia Technologies, Inc.


Westfalia CarSafe sistem parkir otomatis dapat direncanakan dan dirancang dengan fleksibilitas yang besar, memaksimalkan lahan parkir dengan kapasitas banyak pada ruang minimum, kenyamanan pelanggan, dan keamanan tanpa kompromi dari mobil. Menggunakan komponen elektromekanis untuk mengangkut mobil ke tempat parkir kosong. Pengambilan mobil dapat melalui telepon, sms atau internet sekalipun.


4. Robotic Car Park, Breach Candy Mumbai'


Anda hanya harus pergi ke titik masuk, kemudian Anda akan diberikan kartu parkir dan meninggalkan mobil. Mobil akan diangkat robot ke tempat kosong. Seluruh sistem otomatis dan tidak memerlukan unsur manusia kecuali memberikan kartu parkir. Dua lift dapat bergerak secara horisontal dan vertikal, masing-masing dapat membawa satu mobil pada suatu waktu. Sistem komputerisasi mendeteksi tempat parkir kosong dan lift menempatkan mobil di tempat itu. Seluruh proses parkir dan mengambil mobil hanya membutuhkan waktu 90 detik. Tempat parkir mobil memiliki keamanan built-in cadangan.

5. Dubai Robot car park


Sebuah sistem parkir mobil bertingkat otomatis yang pertama dari jenisnya di Timur Tengah, dibuka untuk umum di Ibnu Battuta Gate di Dubai. Tempat parkir mobil hi-tech otomatis berkapasitas 765 kendaraan , dibangun untuk mengatasi masalah parkir yang tumbuh di UAE.

Dengan teknologi ini, tidak perlu berkeliling untuk menemukan tempat parkir. Bawa mobil ke tempat masuk dan akan dijemput oleh lift komputerisasi yang aman lalu ditempatkan dalam gedung pada sistem rak. Sistem parkir robot dua kali lebih efisien dalam menghemat ruang parkir dibandingkan dengan parkir mobil konvensional. Teknologi ini dikembangkan oleh Grup MAG-AS.
  
(Dari berbagai sumber)




2 comments:

  1. Akhirnya selesai juga, 2 jam lebih bikin posting ini wuiiih..

    ReplyDelete