Kemampuan mengatur waktu sangat penting agar orang dapat bekerja secara
cepat dan efisien. Jika tidak pandai mengaturnya, bisa-bisa banyak
energi terkuras, sementara pekerjaan tidak satu pun terselesaikan. Oleh
karena itu, agar tugas di kantor tidak terbengkalai, ikuti dulu beberapa
tip manajemen waktu berikut ini:
Datang lebih pagi
Datang ke kantor kira-kira 15-30 menit sebelum mulai bekerja untuk
mempersiapkan segala sesuatu. Cek semua surat, email, dan memo yang
masuk, dan balas jika membutuhkan respon segera. Periksa juga to-do list
Anda dan catat semua jadwal pertemuan untuk hari itu.
Dahulukan pekerjaan sulit
Tugas apapun yang biasanya menguras energi dan membuat Anda
pontang-panting setiap hari, harus diselesaikan lebih dulu. Pagi hari
merupakan waktu yang paling sempurna untuk mengerjakannya, karena Anda
masih memiliki tenaga ekstra. Jika berhasil menyelesaikan tugas yang
sulit, secara otomatis mood pun ikut terpompa sehingga Anda semakin
bersemangat mengerjakan tugas-tugas lainnya.
Jauhi orang-orang bermasalah
Menjauhlah dari orang-orang yang dapat menularkan pengaruh buruk.
Tukang kritik, pengadu domba, atau backstabber, merupakan beberapa jenis
orang yang harus dihindari. Bergaul dengan orang-orang seperti itu
hanya akan menimbulkan dampak destruktif, yang akan mengganggu kinerja
Anda.
Hindari interupsi
Setiap pekerjaan memerlukan konsentrasi penuh agar dapat diselesaikan
dengan memperoleh hasil maksimal. Oleh karena itu, hindari interupsi
apapun yang dapat mengacaukan fokus perhatian. Jika selama ini Anda
terbiasa menerima telepon ketika sedang mengerjakan suatu tugas, maka
mulai saat ini kebiasaan itu harus dihentikan. Meskipun hanya percakapan
singkat, hal tersebut dapat merusak konsentrasi. Selain itu, kebiasaan
chatting dan membuka-buka Facebook, Twitter, Friendster, serta berbagai
situs jejaring sosial lainnya saat sedang bekerja, juga harus
ditinggalkan. Aktivitas tersebut bisa Anda lakukan nanti, setelah semua
pekerjaan berhasil diselesaikan.
Jangan stres
Stres dan frustrasi hanya akan membuat pikiran semakin buntu. Oleh
karena itu, jika beban pekerjaan mulai terasa intens, curi waktu sejenak
untuk berolahraga kecil demi melemaskan otot yang kaku dan tegang.
Untuk menghilangkan rasa cemas dan kepanikan, tarik dan hembuskan napas
dalam dua hitungan secara cepat melalui hidung, diikuti dengan satu
tarikan nafas panjang, yang dikeluarkan melalui mulut.
(Sumber http://www.tipsandtrik.info)
No comments:
Post a Comment