raqilaza

Busana Muslim yaaa di RAQILAZA....

Thursday, April 12, 2012

Tips Manajemen Waktu yang Baik

Kemampuan mengatur waktu sangat penting agar orang dapat bekerja secara cepat dan efisien. Jika tidak pandai mengaturnya, bisa-bisa banyak energi terkuras, sementara pekerjaan tidak satu pun terselesaikan. Oleh karena itu, agar tugas di kantor tidak terbengkalai, ikuti dulu beberapa tip manajemen waktu berikut ini:
 

Datang lebih pagi
 
Datang ke kantor kira-kira 15-30 menit sebelum mulai bekerja untuk mempersiapkan segala sesuatu. Cek semua surat, email, dan memo yang masuk, dan balas jika membutuhkan respon segera. Periksa juga to-do list Anda dan catat semua jadwal pertemuan untuk hari itu.


Dahulukan pekerjaan sulit

Tugas apapun yang biasanya menguras energi dan membuat Anda pontang-panting setiap hari, harus diselesaikan lebih dulu. Pagi hari merupakan waktu yang paling sempurna untuk mengerjakannya, karena Anda masih memiliki tenaga ekstra. Jika berhasil menyelesaikan tugas yang sulit, secara otomatis mood pun ikut terpompa sehingga Anda semakin bersemangat mengerjakan tugas-tugas lainnya.
 

Jauhi orang-orang bermasalah

Menjauhlah dari orang-orang yang dapat menularkan pengaruh buruk. Tukang kritik, pengadu domba, atau backstabber, merupakan beberapa jenis orang yang harus dihindari. Bergaul dengan orang-orang seperti itu hanya akan menimbulkan dampak destruktif, yang akan mengganggu kinerja Anda.
 

Hindari interupsi

Setiap pekerjaan memerlukan konsentrasi penuh agar dapat diselesaikan dengan memperoleh hasil maksimal. Oleh karena itu, hindari interupsi apapun yang dapat mengacaukan fokus perhatian. Jika selama ini Anda terbiasa menerima telepon ketika sedang mengerjakan suatu tugas, maka mulai saat ini kebiasaan itu harus dihentikan. Meskipun hanya percakapan singkat, hal tersebut dapat merusak konsentrasi. Selain itu, kebiasaan chatting dan membuka-buka Facebook, Twitter, Friendster, serta berbagai situs jejaring sosial lainnya saat sedang bekerja, juga harus ditinggalkan. Aktivitas tersebut bisa Anda lakukan nanti, setelah semua pekerjaan berhasil diselesaikan.
 

Jangan stres

Stres dan frustrasi hanya akan membuat pikiran semakin buntu. Oleh karena itu, jika beban pekerjaan mulai terasa intens, curi waktu sejenak untuk berolahraga kecil demi melemaskan otot yang kaku dan tegang. Untuk menghilangkan rasa cemas dan kepanikan, tarik dan hembuskan napas dalam dua hitungan secara cepat melalui hidung, diikuti dengan satu tarikan nafas panjang, yang dikeluarkan melalui mulut.

(Sumber  http://www.tipsandtrik.info)

No comments:

Post a Comment