raqilaza

Busana Muslim yaaa di RAQILAZA....

Wednesday, July 4, 2012

5 Ikon Warisan Bung Karno Di Jakarta

1. Istiqlal
Istiqlal artinya kebebasan, lepas atau kemerdekaan. Ide pembangunan masjid ini muncul dari pada 1950. Adalah KH Wahid Hasyim yang waktu itu menjabat sebagai Menteri Agama dan H Anwar Tjokroaminoto dari Partai Syarikat Islam yang menggodoknya.

Keterlibatan Soekarno dalam proyek pembangunan masjid ini dimulai pada 1953. Soekarno yang mendapat pelaporan soal rencana pembangunan masjid menyambut baik. Bahkan membantu sepenuhnya pembangunan Masjid Istiqlal. Soekarno selaku kepala negara pun ikut Yayasan Istiqlal membantu dalam menentukan lokasi tempat Masjid Istiqlal di lokasinya sekarang.
 
2. Monas
Ide pembangunan Monas datang dari Soekarno pada 1961. Dia membuat sayembara untuk membuat lambang bagi Kota Jakarta. Hingga akhirnya pilihan Soekarno jatuh pada konsep Obelisk yang dirancang oleh Friederich Silaban.

Namun di tengah jalan, ketika proyek digelar, arsitek pembangunan berpindah pada Raden Mas Soedarsono yang menyelesaikannya hingga menjadi Tugu Monas seperti yang dapat kita saksikan saat ini.

Monas merupakan monumen setinggi 132 meter dan berbentuk lingga yoni. Di bagian puncak terdapat cawan yang di atasnya terdapat lidah api dari perunggu setinggi 17 meter dengan diameter 6 meter. Total beratnya mencapai 14,5 ton. Yang menarik juga lidah api itu dilapisi emas seberat 45 kilogram.

3. Gelora Bung Karno Senayan
Gelora Bung Karno mulai dibangun pada Februari 1960 dan rampung pada Juli 1962. Pembangunan kawasan GBK dengan menggusur 4 desa dan memindahkan 60 ribu penduduk. Pembangunan kompleks olahraga itu untuk menyambut Asian Games IV.

Saat itu, selain sarana olahraga, Bung Karno juga ingin kawasan itu menjadi paru-paru kota dan ruang terbuka tempat warga berkumpul. Yang menarik, ciri khas stadion yang mampu menampung 100 ribu orang ini adalah atap yang disebut oleh Bung Karno sebagai 'Temu Gelang', yaitu sebuah atap konstruksi baja besar yang membentuk cincin raksasa dan melindungi para penonton dari panas dan hujan.


4. Patung 'Selamat Datang' di Bundaran HI
 Patung 'Selamat Datang' ini, sejatinya dibangun untuk menyambut atlet Asian Games IV pada 1962. Patung dibangun dengan dikelilingi air mancur. Patung perunggu ini dibuat oleh Edhi Sunarso, dan dirancang oleh Henk Ngantung, mantan Gubernur Jakarta.

Selain menyambut atlet Asian Games, patung ini juga menyambut para pendatang yang tiba di Jakarta. Patung ini menghadap ke arah utara yang merupakan pusat bisnis, perdagangan dan pendatang dari pelabuhan waktu itu. Hingga kini, kawasan Bundaran HI menjadi salah satu ikon kebanggaan Ibukota.

5. Patung Dirgantara di Pancoran
Patung yang dirancang Edhi Sunarso pada 1964-1965 ini dicetuskan oleh Soekarno. Saat itu, Soekarno yang menjabat sebagai presiden mempunyai harapan akan sebuah patung yang mewakili dunia penerbangan di Indonesia.

Patung setinggi 27 meter dengan berat 11 ton itu terbuat dari bahan perunggu. Dalam berbagai literatur disebutkan, patung ini menggambarkan manusia angkasa yang menggambarkan semangat keberanian bangsa Indonesia untuk menjelajah angkasa.

 (Sumber http://news.detik.com/read/2012/07/04/170145/1957723/10/6/ini-6-ikon-warisan-bung-karno-di-jakarta9922022)

No comments:

Post a Comment