raqilaza

Busana Muslim yaaa di RAQILAZA....

Saturday, July 7, 2012

Lambung Sobek, Resiko Makan Keripik Pedas

Anda penikmat cemilan keripik pedas yang kini namanya sedang populer? Jika iya, berhati-hatilah, beragam penyakit berbahaya tengah mengintai Anda.
Dikatakan oleh seorang ahli penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD seperti dilansir dalam Kompas, menyebutkan bahwa tingkat kepekaan tiap orang pada makanan pedas berbeda-beda. Bagi yang memiliki penyakit lambung seperti maag disarankan agar tidak terlalu sering mengkonsumsi cemilan yang mempunyai banyak level tersebut.
Lebih lanjut, meski kandungan vitamin C pada cabe dapat menangkal radikal bebas serta antioksidan yang tinggi, serta kandungan capsaicin di dalamnya dapat membunuh sel kanker, mengurangi resiko penyakit jantung, dan mengendalikan pencemaran mikroba pada makanan, namun, jika konsumsi cabe terlalu berlebihan seperti cemilan keripik pedas, maka resiko Anda terkena penyakit lambung akan semakin tinggi. Berikut resiko penyakit yang akan menyerang Anda jika terlalu banyak mengkonsumsi keripik pedas:
1. Gastritis
Mengkonsumsi keripik pedas dapat menyebabkan rapuhnya permukaan lambung hingga terluka karena terjadinya peradangan pada lapisan lambung. Jika sebelumnya Anda mempunyai penyakit maag, sebaiknya Anda mengurangi kebiasaan mengkonsumsi keripik pedas karena dapat meningkatkan asam lambung.
2. Kurangnya sensitivitas lidah
Terlalu banyak mengkonsumsi keripik pedas dapat menyebabkan sensitivitas lidah semakin berkurang. Bahkan, bisa jadi indera pengecap tidak lagi berfungsi maksimal untuk menentukan porsi makanan pedas yang dapat ditolerir.
3. Insomnia
Bukan rahasia jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas terlebih keripik dapat menyebabkan insomnia. Hal ini disebabkan oleh peningkatan temperatur tubuh hingga memicu detak jantung lebih cepat. Sehingga tidur yang seharusnya rileks menjadi terganggu
4. Obesitas
Mengkonsumsi keripik mempunyai efek yang buruk bagi kesehatan dan bisa menyebabkan obesitas, terlebih jika keripik berbumbu pedas. Selain tak bisa berhenti mengunyah, resiko Anda terkena obesitas pun semakin tinggi.
Dalam hal ini, dr. Ari menyarankan agar jika mengkonsumsi makanan pedas sebaiknya dicampur dengan makanan lain untuk mengurangi efek pedasnya yang berlebihan.

(Sumber http://www.vemale.com/kesehatan/13381-lambung-sobek-resiko-makan-keripik-pedas.html)

No comments:

Post a Comment